Makanan-makanan Penambah Darah

Sunber. Instagram : Realgun
Tekanan darah merupakan salah satu faktor atau indikator yang menunjukan kesehatan seseorang. Untuk itu, diperlukan  setidaknya 120/80 mmHg untuk para wanita termasuk ibu hamil sedangkan untuk pria dewasa 120/84 mmHg baru dikategorikan pada tingkat normal.

Tekanan darah yang berada di bawah batas normal semisal 90/60 mmHg disebut dengan tekanan darah rendah atau dalam istilah lainnya hipotensi. Sebaliknya, jika tekanan darah yang lebih dari120/80 mmHg dikategorikan sebagai tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Berikut deretan makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah jika kamu dalam keadaan hipotensi..

Telur

Sumber protein satu ini merupakan makanan yang punya peran penting dalam menambah tekanan darah. Kandungan vitamin B12 dan asam folat pada telur sangat bagus untuk meningkatkan tekanan darah. Disarankan mengkosumsi telur rebus per butir satu hari agar peningkatannya bagus.

Daging Merah

Makanan yang dapat menambah tekanan darah selanjutnya adalah daging merah. Selain banyak serat dan protein daging juga mempunyai zat besi yang bisa menambah tekanan darah agar menjadi normal. Beberapa daging yang cukup populer seperti daging kambing, sapi, kerbau dan domba dapat dikosumsi untuk meningkatkan darah dalam tubuh seseorang.

Kacang-kacangan


Ternyata mengkosumsi kacang dengan asam folat didalamnya dapat menambah tekanan darah loh. Kacang hijau misalnya, olahan seperti bubur kacang hijau bisa menjadi opsi buat kamu bila mengalami tekanan darah rendah. Selanjutnya ada susu kacang kedelai, juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang alergi dengan susu hewan.

Makanan dengan Garam yang cukup

Natrium dalam garam adalah obat kuat meningkatkan tekanan darah. Setidaknya kosumsi satu sendok per hari akan menjaga tekanan darah kamu terus normal diimbangi dengan makan sayur dan buah pula yah..

Susu beserta olahannya

Tak perlu diragukan lagi, susu menjadi andalan saat ingin meningkatkan tekanan darah. Bahkan pendonor darah atau fasilitator seperti PMI menyarankan untuk mengkosumsi susu usai melaksanakan donor darah.

Olahan susu yang biasa kita ketahui juga bisa menjadi makanan agar tekanan darah normal setelah mengetahui tekanan darahmu rendah. Misalnya, yogurt dan keju.

Itulah beberapa makanan yang masuk dalam jaringan ngulikyuk untuk meningkatkan tekanan darah. Namun, harus diingat bahwasannya untuk menjaga tekanan darah tetap normal kamu bisa menerapkan pola hidup sehat seperti mengurangi atau berhenti mengonsumsi alcohol, mengurangi kosumsi garam dan istirahat yang cukup minimal 6 jam per hari.

Informasi ini dapat dijadikan referensi kesehatan kamu di awal saja, untuk lebih baik kamu bisa konsultasi dengan petugas kesehatan ya.

Comments