CPNS 2024 Core, Ini Dramanya!


Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil(CPNS) telah berakhir dan memasuki babak seleksi administrasi oleh pihak panitera BKN masing-masing instansi. Beberapa kendala yang dihadapi para pendaftar membuat geleng-geleng kepala, apa saja hal-hal tersebut? simak artikel ini sampai selesai..

 

Drama E-materai

Pembubuhan e-materai pada dokumen saat melamar menjadi kegiatan yang menimbulkan drama. Hal ini dikarenakan kendala teknis di Peruri sendiri. Try dan Error sudah menjadi hal biasa saat pembubuhan materi elektronik itu.

Mulai dari pembelian. Layaknya war tiket konser, membeli e-materai juga menjadi perburuan yang gampang-gampang susah. Kouta e-materai yang tak tersedia menjadi salah satu contoh kendala yang ada pada situs skill academy.

Ada lagi situs yang sangat lambat aksesnya akibat banyak yang akses, seperti materai-elektronik.com dan e-materai.live yang tentu menguji kesabarab ekstra.

Di dua hari terakhir pendaftaran para pendaftar sudah tidak bisa lagi membubuhi dokumen mereka dengan e-materai lantaran kendala teknis pada peruri. Namun ada pula yang berhasil membubuhkan e-materai setelah menunggu 12 jam lamanya, gokil.

Semua pendaftar akhirnya bisa bernafas lega, saat diumumkan oleh panitia CPNS tahun anggaran 2024 bahwa pendaftaran diperpanjang hingga 10 September dan materai konvensional boleh digunakan.

 

Salah Upload

Banyak lagi kejadian tak terduga saat melengkapi syarat-syarat pendaftaran, ini lantaran terburu-buru atau hal lain kita kurang paham. Pas photo yang diupload sebadan-badan atau keseluruhan badan, padahal yang dibutuhkan hanya sedada hingga kepala.

Ada pula yang mengupload pas photo terbalik, bingung nggak tuh mana sudah diresume pulak. Lain lagi dengan kesalahan selanjutnya, pas photo yang terupload adalah photo ktp. Sulit kawan wkwk.

Saking semangatnya ada pula yang menulis gelar awal dengan nama sendiri, waduh bisa-bisanya ya..

 


Komentar Netizen Lucu

Tak kalah dengan kasus diatas. Para pendaftar menuliskan kekesalannya di media sosial peruri. Sebut saja akun Irfandi.fwz yang berkomentar “ DISURUH TUNGGU 3 JAM DARI SEMALAM, INI UDAH 3 JAM PART 3, WKWKWK”. Ada pula komentar “ Cuma bisa satu kata, Astaghfirullahaladzim udah beli tapi saldo kepotong malah masih menunggu pembayaran katanya tulis akun rizkiknanda.

“ Min gimana bilang ke ortu semisal gagal karena nunggu E-materai? (Disertai emotikon nangis). Tulis akun dengan nama gunkekaaa.


CPNS masih menjadi impian banyak orang terutama di Indonesia. terbukti dengan banyak  para peserta yang melamar tembus hingga 2 juta orang. semoga kamu yang membaca ini termasuk orang yang di beri kemudahan dan lulus ditahun 2024 ini aamiin.

Comments